A). Sekilas tentang Java


Java merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level) , artinya bahasa ini mudah dipahami oleh manusia pada umumnya , karena menggunakan bahasa sehari-hari manusia. Java dulu dibuat oleh perusahaan Sun Microsystems  , oleh James Ghosling ,Patrick Naughton, dan Mike Sheridan  pada tahun 1991, dan memerlukan kurang lebih 18 bulan ,untuk mengembangkan versi pertama dari Java yang dulu bernama Oak, yang dimana sekarang Java diakuisisi oleh perusahaan Oracle.

Sejarah Versi Java :

  1. JDK Alpha and Beta (1995)
  2. JDK 1.0 (23rd Jan, 1996)
  3. JDK 1.1 (19th Feb, 1997)
  4. J2SE 1.2 (8th Dec, 1998)
  5. J2SE 1.3 (8th May, 2000)
  6. J2SE 1.4 (6th Feb, 2002)
  7. J2SE 5.0 (30th Sep, 2004)
  8. Java SE 6 (11th Dec, 2006)
  9. Java SE 7 (28th July, 2011)
  10. Java SE 8 (18th March, 2014)

    james ghosling ialah salah satu pendiri java
    James Ghosling (Java)

    Bahasa java mirip dengan bahasa C++ ,  namun dikembangkan agar mudah dipahami dan dipakai. Java menggunakan konsep OOP (Object Oriented Programming) ,artinya semua inti program dari Java yaitu mengacu ke sebuah Obyek. Java termasuk platform independent , yang artinya kalian bisa menjalankan dengan berbagai Macam OS(Sistem Operasi ) dan arsitektur komputer. Seperti pada perangkat Android dari Google ,dan Beberapa Aplikasi Desktop ,seperti program AntiVirus , program media player, Aplikasi Enterprise dll.

    Java digunakan untuk :

    1. Pengembangan Aplikasi Desktop (Komputer)

    2. Web Aplikasi

    3. Aplikasi Perusahaan

    4. Aplikasi Mobile (Android)

    5. System Tertanam

    6. Robot ,Game dan sebagainya.

    B). Keunggulan atau Kelebihan Java

    Java memiliki salah satu keunggulan , yaitu mudah dipelajari oleh semua orang , karena syntax (tata bahasa ) yang mirip dengan bahasa manusia. Dengan banyaknya artikel atau tutorial yang membahas bahasa pemrograman Java di  Internet. Semakin memudahkan kita untuk pemula , untuk mempelajari semua hal yang ada di bahasa pemrograman Java.



    Alur Eksekusi Program Java:

    Alur Eksekusi Program Java
    Alur Eksekusi Program Java
    C).  Konsep OOP :


    Konsep di OOP (Object Oriented Programming) , memiliki beberapa Konsep salah satunya:

     Jadi maksud dari Java berorientasi pada objek itu , semua status dan method mengacu pada obyek ,yang dimana itu adalah wujud real atau nyata dari sebuah Class ,yang ada pada bahasa pemrograman Java.


    Contoh Atribute dan Behavior Java
    Atribute dan Behavior
    • Encapsulation (Enkapsulasi) adalah suatu mekanisme membungkus suatu data (variabel) , agar tidak dapat di akses oleh class lain, dengan menggunakan modifier private atau protected (untuk Class Turunan).Di dalam konsep ini beberapa variabel akan disembunyikan oleh class lain ,dan hanya bisa di akses di main class ,dengan menggunakan method modifier public.
    • Inheritance (Pewarisan) adalah suatu proses dimana , suatu class yang bisa disebut super class ,dapat mewarisi sifat  mewarisi sifat atau ciri-ciri,  seperti atribut dan method, ke dalam class turunanya yaitu sub class. Super class akan mewarisi nilai dari atribut atau behavior ke Class turunananya.
    • Polymorphism (Banyak bentuk )adalah suatu kemampuan yang dimiliki sebuah method ,yang memiliki nama sama ,namun dengan perilaku yang berbeda-beda. Kemampuan objek agar melakukan perilaku atau tindakan  yang secara konsep sama namun dengan cara yang berbeda-beda.
    • Abstract adalah sebuah class  yang memiliki posisi tertinggi secara struktur di bahasa pemrograman Java ,yang berfungsi untuk di implementasikan pada class turunanya . Jadi class abstract di ciptakan untuk class dan method , yang dimana kita tidak dapat menginstansiasi atau membuat objek baru dari class abstract , dan juga tidak mempunyai body pada method , di dalam class Abstract. Pointnya kita hanya bisa menggunakan dan mengimplementasinya,  pada class turunanya seperti membuat statement.
    • Interface adalah sebuah kumpulan method secara struktur di bahasa pemrograman Java , yang berfungsi untuk tempat menyimpan method kosong dan atribut yang bersifat constant atau final  , serta tidak mempunyai Implementasi. Kita dapat mengimplementasikan(keyword : implements) interface dengan class lain ,serta dapat mewariskan (keyword : extends ) dengan interface yang lain. Di dalam sebuah class juga kita dapat mengimplementasikan atau mewariskan  lebih dari satu interface , ini biasa di sebut Multiple inheritance . Interface tidak dapat di instansiasi sama seperti class abstract, dan juga method di Interface harus di set modifier ke  public. Sebuah class yang mengimplementasi Interface , wajib hukumnya untuk mengimplementasi method-method yang tersedia di Interface.



      D)Modifier 

      Modifier merupakan sebuah ijin hak akses untuk penggunaan suatu atribut atau method, pada suatu Package dan Class. Terdapat empat 4 jenis Modifier yaitu public ,private,protected ,no modifier. Contohnya nya kalian bisa melihat gambar berikut:

      Modifier Akses Java
      Modifier Akses Jav




      Cara Membuat Program Sederhana Penghitung Jumlah Kata di Java Netbeans

      Postingan ini terinspirasi dari adik saya yang sedang ospek. Ospeknya sangat tidak masuk akal, membuat sebuah tulisan dengan tema tertentu dan harus 450 kata. Tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih. Karna agak kasihan melihat dia dan teman-temannya, yasudah saya buatkan saja program sederhana untuk menghitung jumlah kata dalam sebuah tulisan. Jadi dia tingga berfikir tentang tema saja tidak lagi memikirkan sudah berapa katanya hahaha

      IMPLEMENTASI

      Saya disini membuat dengan GUI di Netbeans. Buat New Project, nama projectnya sembarang saja (sesuai kebutuhan).

      Saat projectnya sudah dibuat, klik kanan di packagenya, buat file baru (new) dan pilih JFrame Form (lihat gambar dibawah ini)

      New JFrame Form
      Setelah Form JFrame jadi, tinggal pilih panel-panel disebelah kanan layar. Sesuaikan dengan kebutuhan. Kalo saya bentuknya seperti dibawah ini

      Desain Form
      Yang saya gunakan antara lain :
      1. 1 buah textarea, digunakan untuk memasukan tulisan yang akan kita hitung jumlah katanya
      2. 1 buat button, untuk proses start hitung kata
      3. 2 buah label, 1 label untuk tulisan label jumlah kata, 1 lagi untuk nilainya (tidak terlihat, terlihat hanya ketika nilainya sudah didapat)
      Agar mudah dalam menemukan apa-apa saja yang kita pasang, kalian harus rubah namanya, dengan cara Change Variable Name, lihat gambar dibawah ini.

      Change Variable Name
       Lalu apa perbedaanya Change Variable Name dan Edit Text?
      1. Change Variable Name, digunakan untuk menganti nama dari textarea agar mudah ditemukan nantinya saat mulai prosese koding, biasanya default namanya textarea1, karena terlalu umum ya kita ganti aja biar gampang ditemukan, biasanya saya ganti seperti ini textAreaArtikel
      2. Edit Text, digunakan untuk merubah nama labelnya, misalnya saat kita membuat button text defaultnya adalah jbutton1. Dengan Edit Text kita bisa ganti tulisannya menjadi Save, Delete atau lainnya
      Karena proses perhitungan mulai saat kita menekan button untuk itu kodingannya kita taruh di Button aja.

      Klik 2 kali button hitung, lalu ketikan kode seperti dibawah ini :

      // TODO add your handling code here:
      List<String> listKata = new ArrayList<>();
      /**
      * buat list untuk menampung kata-kata
      */
      String kataKata = textAreaArtikel.getText();
      /**
      * Karna kita menghitung kata berdasarkan spasi
      * Untuk itu ganti semua enter, tab menjadi spasi,
      */
      String replaceFromEnter = kataKata.replaceAll("(\\r|\\n|\\r\\n)+", " ");
      /**
      * Pecah kalimat berdasarkan spasi
      */
      String[] splitKataKataBySpace = replaceFromEnter.split(" ");
      /**
      * ambil ketika kata yang dipecah dan masukan ke list
      */
      for (int i = 0; i < splitKataKataBySpace.length; i++) {
      listKata.add(splitKataKataBySpace[i]);
      }
      /**
      * ambil jumlah dari listnya, terus tampilkan
      */
      int banyakKata = listKata.size();
      labelJumlahKata.setText(String.valueOf(banyakKata));

      Komentar